Kamis, 10 Oktober 2013

CONTOH KARANGAN EKSPOSISI

Membuat Gambar Menjadi Lebih Tajam

oleh Wibby Bernaldy

          Sering kali kita memiliki gambar yang disukai tetapi gambar tersebut terlihat buram. Berikut langkah-langkah membuat gambar yang lebih tajam :


          Pertama buka Aplikasi Adobe Photoshop. Aplikasi ini sangat cocok dalam pengolahan gambar bitmap. Setelah aplikasi terbuka, pilih menu File pada menu bar dan klik Open atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+O. Carilah gambar yang akan ditajamkan pada komputer anda. Setelah ditentukan gambar yang akan ditajamkan klik open. Jika gambar sudah terbuka pada lembar kerja, duplikat layer gambar dengan shortcut Ctrl+J. Jika layer gambar telah terduplikat, pilih menu Filter→Other→High Pass. Ketika kotak dialog High Pass muncul, atur radius High Pass sesuai gambar, usahakan gambar yang terHigh Pass terlihat mencolok. Bila dirasa sudah cocok klik Ok. Pilih layer gambar yang tadi diberi efek Hgh Pass, dan pilih jenis layer menjadi soft light dan opacity 75%. Sangat mudah bukan membuat gambar yang kita sukai menjadi lebih tajam.


Cara Membuat Game Berhitung Menggunakan Adobe Flash

oleh Teguh Susanto


Adobe Flash CS3 Professional, merupakan software yang dirancang untuk membuat animasi berbasis vector dengan hasil yang mempunyai ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasi internet ( offline). Dengan Action Script 3.0 yang dibawanya, Adobe Flash CS3 Professional dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau simulasi.
                Adobe Flash dapat pula digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis, diantaranya adalah pembuatan game berhitung. Berikut adalah cara dari pembuatan game berhitung :
1.      Buka terlebih dahulu Adobe Flash
2.      Buatlah tiga buah dinamic text yang masing-masing var diberi nama angka1, angka2, angka3, dan respon.
3.      Buatlah satu buah input text yang var-nya diberi nama jawaban.
4.      Buatlah dua buah button/tombol
·         Pilih rectangle tool, kemudian buat stage tombolnya.
·         Buat teks dengan nama cek di atas rectangle yang dibuat tadi.
·         Seleksi kedua obyek tersebut lalu tekan klik kanan. Kemudian pilih convert to symbol.
·         Pada dialog convert to symbol, pilih button lalu tekan OK.
·         Duplikat tombol cek dengan menekan tombol ctrl + D
·         Setelah itu klik kanan pada button baru, pilih duplicate symbol.
·         Ubah teks cek menjadi reset. Dengan menekan dua kali pada tombol tersebut.
·         Pada intance name, beri nama tombol cek dengan nama tombol_cek  dan tombol reset dengan nama tombol_reset.
5.      Buat lambang + dan = dengan menggunakan text tool.

7.       Setelah itu masukkan action scriptnya dengan menekan tombol F9 untuk memasukkan scriptnya.
8.       Tuliskan scriptnya seperti berikut :
·         Untuk tombol_jumlah
on (release) {
    if (jawaban == angka1+angka2) {
            respon = "benar";
    } else {
            respon = "salah";
    }
}
·         Untuk tombol_reset
on (release) {
    angka1 = random(10);
    angka2 = random(10);
    jawaban = "";
    respon = "";
}
·         Action Script pada layer 1
angka1 = random(10);
angka2 = random(10);
random(10) berarti mengacak angka antara 0-10. Nilainya dapat diubah. Misalnya kita ingin nilai acaknya 0-17, maka dapat diganti dengan random(18).
                Demikian cara sederhana dari pembuatan game berhitung. Jika ingin tampilannya lebih menarik kita juga dapat mengkreasikan sendiri sesuai kemampuan kalian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar