Membuat Gambar Menjadi Lebih Tajam
oleh Wibby Bernaldy
Sering kali kita
memiliki gambar yang disukai tetapi gambar tersebut terlihat buram. Berikut
langkah-langkah membuat gambar yang lebih tajam :
Pertama buka
Aplikasi Adobe Photoshop. Aplikasi ini sangat cocok dalam pengolahan gambar
bitmap. Setelah aplikasi terbuka, pilih menu File pada menu bar dan klik Open
atau bisa juga menggunakan shortcut Ctrl+O. Carilah gambar yang akan ditajamkan
pada komputer anda. Setelah ditentukan gambar yang akan ditajamkan klik open.
Jika gambar sudah terbuka pada lembar kerja, duplikat layer gambar dengan
shortcut Ctrl+J. Jika layer gambar telah terduplikat, pilih menu
Filter→Other→High Pass. Ketika kotak dialog High Pass muncul, atur radius High
Pass sesuai gambar, usahakan gambar yang terHigh Pass terlihat mencolok. Bila
dirasa sudah cocok klik Ok. Pilih layer gambar yang tadi diberi efek Hgh Pass,
dan pilih jenis layer menjadi soft light dan opacity 75%. Sangat mudah bukan
membuat gambar yang kita sukai menjadi lebih tajam.
Cara Membuat Game Berhitung Menggunakan Adobe Flash
oleh Teguh Susanto
Adobe Flash CS3 Professional, merupakan software yang
dirancang untuk membuat animasi berbasis vector dengan hasil yang mempunyai
ukuran yang kecil. Awalnya software ini memang diarahkan untuk membuat animasi
atau aplikasi berbasis internet (online). Tetapi pada perkembangannya banyak
digunakan untuk membuat animasi atau aplikasi yang bukan berbasi internet (
offline). Dengan Action Script 3.0 yang dibawanya, Adobe Flash CS3 Professional
dapat digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis atau
simulasi.
Adobe Flash dapat
pula digunakan untuk mengembangkan game atau bahan ajar seperti kuis,
diantaranya adalah pembuatan game berhitung. Berikut adalah cara dari pembuatan
game berhitung :
1. Buka
terlebih dahulu Adobe Flash
2. Buatlah
tiga buah dinamic text yang masing-masing var diberi nama angka1, angka2,
angka3, dan respon.
3. Buatlah
satu buah input text yang var-nya diberi nama jawaban.
4. Buatlah
dua buah button/tombol
·
Pilih rectangle tool, kemudian buat
stage tombolnya.
·
Buat teks dengan nama cek di atas
rectangle yang dibuat tadi.
·
Seleksi kedua obyek tersebut lalu
tekan klik kanan. Kemudian pilih convert to symbol.
·
Pada dialog convert to symbol,
pilih button lalu tekan OK.
·
Duplikat tombol cek dengan menekan
tombol ctrl + D
·
Setelah itu klik kanan pada button
baru, pilih duplicate symbol.
·
Ubah teks cek menjadi reset. Dengan
menekan dua kali pada tombol tersebut.
·
Pada intance name, beri nama tombol
cek dengan nama tombol_cek dan tombol
reset dengan nama tombol_reset.
5. Buat
lambang + dan = dengan menggunakan text tool.
7.
Setelah itu masukkan
action scriptnya dengan menekan tombol F9 untuk memasukkan scriptnya.
8.
Tuliskan scriptnya
seperti berikut :
·
Untuk tombol_jumlah
on (release) {
if (jawaban == angka1+angka2) {
respon = "benar";
} else {
respon = "salah";
}
}
·
Untuk tombol_reset
on (release) {
angka1 = random(10);
angka2 = random(10);
jawaban = "";
respon = "";
}
·
Action Script pada
layer 1
angka1 = random(10);
angka2 = random(10);
random(10)
berarti mengacak angka antara 0-10. Nilainya dapat diubah. Misalnya kita ingin
nilai acaknya 0-17, maka dapat diganti dengan random(18).
Demikian cara sederhana dari
pembuatan game berhitung. Jika ingin tampilannya lebih menarik kita juga dapat
mengkreasikan sendiri sesuai kemampuan kalian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar